Jumat, 14 Juli 2017

DEFINISI DRAINASE

Penjelasan Sistem Drainase Infrastruktur Permukiman


Drainase
Drainase adalah prasarana yang berfungsi mengalirkan air permukaan ke badan air dan/atau kebangunan resapan buatan.

Data Curah Hujan
Data curah hujan merupakan data curah hujan harian maksimum dalam setahun dinyatakan dalam mm/hari, jumlah data curah hujan paling sedikit 10 tahun yang diperoleh dari BMG. Data curah hujan diperlukan untuk menghitung debit banjir baik secara empiris maupun model matematik.
Sumber Data:

Intensitas Curah Hujan
Intensitas curah hujan adalah ketinggian curah hujan yang terjadi pada suatu kurun waktu dimana air tersebut berkonsentrasi. Intensitas curah hujan (!) mempunyai satuan mm/jam, berarti tinggi air persatuan waktu, misalnya mm dalam kurun waktu menit, jam, atau hari.

Sistem Drainase Perkotaan

Sistem drainase perkotaan adalah satu kesatuan sistem teknis dan non teknis dari prasarana dan sarana drainase perkotaan.

Sumber Data:

Drainase Perkotaan
Drainase perkotaan adalah drainase di wilayah kota yang berfungsi mengendalikan kelebihan air permukaan sehingga tidak menggangu masyarakat dan dapat memberikan manfaat bagi kegiatan kehidupan manusia.
Sumber Data:

Sungai
Sungai adalah alur di permukaan tanah tempat mengalirnya aliran permukaan yang mempunyai DAS (Daerah Aliran Sungai) yang mengalir dari tempat yang tinggi menuju ke muara laut. Sungai mengalirkan sebagian air sebagai aliran dasar (best flow) dari kumpulan mata air di dalam DAS mulai dari daerah pegunungan sampai ke pantai (laut).
Sumber Data:

Banjir  Rencana
Debit banjir rencana adalah debit banjir yang digunakan sebagai dasar untuk merencanakan tingkat pengamanan bahaya banjir pada suatu kawasan dengan penerapan angka-angka kemungkinan terjadinya banjir terbesar. Banjir rencana ini secara teoritis hanya berlaku pada satu titik di suatu ruas sungai sehingga pada sepanjang ruas sungai akan terdapat besaran banjir rencana yang berbeda.
Sumber Data:

Peil Banjir
Peil banjir adalah acuan ketinggian tanah untuk pembangunan perumahan/pemukiman yang umumnya berada di daerah dataran dan dipakai sebagai pedoman pembuatan jaringan drainase agar kawasan tersebut terhindar dari banjir.
Sumber Data:

Genangan
Data genangan adalah indikator kinerja struktural/teknis meliputi karakteristik genangan yang mencakup luas genangan, lama genangan, tinggi genangan, frekuensi genangan dan lokasi genangan.
Sumber Data:

Saluran Primer
Saluran primer adalah saluran drainase yang menerima air dari saluran sekunder dan menyalurkannya ke badan air penerima. Letak dan kondisi saluran primer untuk penanganan > 10 Ha PUH 10-25 tahun.
Sumber Data:

Saluran Sekunder
Saluran sekunder adalah saluran drainase yang menerima air dari saluran tersier dan menyalurkannya ke saluran primer untuk penanganan > 10 Ha PUH 10-25 tahun.
Sumber Data:


0 komentar:

Posting Komentar