Kamis, 20 Juli 2017

DEFINISI PERSAMPAHAN

Penjelasan Definisi Persampahan


Timbulan sampah
Timbulan sampah adalah banyaknya sampah yang timbul dari masyarakat dalam satuan volume maupun berat per kapita per hari, atau perluas bangunan, atau perpanjang jalan.
Sumber Data:
SNI 19-2454-2002tentang Tata Cara Teknik Operasional Pengelolaan Sampah Perkotaan


Volume Sampah Perkotaan dan Perdesaan
Volume produksi sampah perkotaan (dihitung dari timbulan sampah dikali jumlah penduduk) atau banyaknya sampah total yang dihasilkan perhari pada suatu kota, dinyatakan dalam satuan volume atau satuan berat.
Sumber Data:

Ada Rencana/Program Pembatasan Timbulan Sampah
Pengurangan sampah meliputi kegiatan:
1. Pembatasan timbulan sampah;
2. Pendauran ulang sampah; dan/atau
3. Pemanfaatan kembali sampah.
Misalnya dengan melakukan pemilahan, daur ulang dll.
Sumber Data:

Komposisi Sampah
Komposisi sampah adalah setiap komponen sampah  yang membentuk suatu kesatuan, dalam prosentase (%). Komposisi ini berbeda-beda sesuai sumber sampahnya (kertas, karton, plastik, sampah makanan, logam, kain, kaca, daun/ranting, kayu pengemas, karet, cardride printer, aki bekas, perban bekas.
Sumber Data:

Dump Truck
Dump truck merupakan kendaraan angkut yang dilengkapi sistem hidrolis untuk mengangkat bak dan membongkar muatannya. Pengisian muatan masih secara manual dengan tenaga kerja. Truk ini memiliki kapasitas yang bervariasi yaitu 6 m3, 8 m3, 10 m3, 14 m3. Dalam pengangkutan sampah, efisiensi penggunaan dump truck dapat dicapai apabila memenuhi beberapa kriteria yaitu jumlah trip atau ritasi per hari minimum 3 dan jumlah awak maksimum 3.
Sumber Data:

Armroll Truck
Armroll truck merupakan kendaraan angkut yang dilengkapi sistem hidrolis untuk mengangkat bak dan membongkar muatannya. Pengisian muatan masih tetap secara manual dengan tenaga kerja. Truk ini memiliki kapasitas yang bervariasi yaitu 6 m3, 8 m3, dan 10 m3. Dalam pengangkutan sampah, efisiensi penggunaan arm roll truck dapat dicapai apabila memenuhi beberapa kriteria yaitu jumlah trip atau ritasi per hari minimum 5 dan jumlah awak maksimum 1.
Sumber Data:

Compactor Truck
Compactor truck merupakan kendaraan angkut yang dilengkapi sistem hidrolis untuk mengangkat bak dan membongkar muatannya. Pengisian muatan masih tetap secara manual dengan tenaga kerja. Truk ini memiliki kapasitas yang bervariasi yaitu 6 m3, 8 m3, dan 10 m3. Dalam pengangkutan sampah, efisiensi penggunaan compactor truck dapat dicapai apabila memenuhi beberapa kriteria yaitu jumlah trip atau ritasi per hari minimum 3 dan jumlah awak maksimum 2.
Sumber Data:

Trailer Truck
Trailer merupakan kendaraan angkut berdaya besar sehingga mampu engangkut sampah dalam jumlah besar hingga 30 ton. Trailer truck terdiri atas prime over dan container beroda. Container dilengkapi sistem hidrolis untuk membongkar muatannya. Pengisian muatan dilakukan secara hidrolis dengan kepadatan tinggi di transfer station. Trailer memiliki kapasitas 20 sampai dengan 30 ton. Dalam pengangkutan sampah, efisiensi penggunaan trailer truck dapat dicapai apabila memenuhi beberap akriteria yaitu jumlah trip atau ritasi per hari
minimum 5 dan jumlah awak maksimum 2.
Sumber Data:

Pelayanan Keterangkutan
Cakupan pelayanan pengangkutan sampah yang dihitung berdasarkan: jumlah sampah terangkut ke TPA.

TPS
Tempat Penampungan Sementara (TPS) adalah tempat sebelum sampah diangkut ke tempat pendauran ulang, pengolahan, dan/atau tempat pengolahan sampah terpadu. Tempat pemindahan sampah dari alat pengumpul ke alat angkut sampah yang dapat dipindahkan secara langsung atau melalui tempat penampungan sampah sementara.
Sumber Data:

TPST
Tempat Pengolahan Sampah Terpadu yang selanjutnya disingkat TPST, adalah tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, pendauran ulang, pengolahan, dan pemrosesan akhir.    
Sumber Data:

TPS 3R
Tempat Pengolahan Sampah dengan Prinsip 3R (reduce, reuse dan recycle) yang selanjutnya disingkat TPS 3R, adalah tempat dilaksanakannya kegiatan pengumpulan, pemilahan, penggunaan ulang, dan pendauran ulang skala kawasan.        
Sumber Data:

STA
Stasiun Peralihan Antara (SPA) adalah sarana pemindahan dari alat angkut kecil ke alat angkut lebih besar dan diperlukan untuk kabupaten/kota yang memiliki lokasi TPA jaraknya lebih dari 25 km yang dapat dilengkapi dengan fasilitas pengolahan sampah.           
Sumber Data:

Insinerator Berwawasan Lingkungan
Insinerator berwawasan lingkungan adalah alat yang digunakan untuk meminimalkan sampah dengan cara membakar pada temperatur 700 °C pada tungku bakar dan 200 °C di cerobong.
Sumber Data:

Peralatan dan Perlengkapan yang Digunakan di TPA Sampah
1. Buldoser untuk perataan, pengurugan dan pemadatan
2. Crawl/track dozer untuk pemadatan pada tanah lunak
3. Wheel dozer untuk perataan, pengurugan
4. Loader dan power showel untuk penggalian, perataan, pengurugan dan pemadatan
5. Dragline untuk penggalian dan pengurugan
6. Scraper untuk pengurugan tanah dan perataan
7. Iandfril compactor (kompaktor) untuk pemadatan timbunan sampah    
Sumber Data:

Kualifikasi/Kompetensi SDM           
Keahlian dan kemampuan SDM di bidangnya, bisa melalui pendidikan atau pun pelatihan
Sumber Data:

Aspek Peran Serta Masyarakat dan Peningkatan Kemitraan
Aspek peran serta masyarakat
1.      Melakukan pemilahan sampah di sumber
2.      Melakukan pengolahan sampah dengan konsep 3R
3.      Berkewajiban membayar iuran/retribusi sampah
4.      Mematuhi aturan pembuangan sampah yang ditetapkan
5.      Turut menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya
6.      Berperan aktif dalam sosialisasi pengelolaan sampah lingkungan
Program untuk peran serta masyarakat dan peningkatan kemitraan:
1.      Melaksan akan kampanye gerakan reduksi dan daur ulang sampah
2.      Memfasilitasi forum lingkungan dan organisasi wanita sebagai mitra
3.      Penerapan pola tarif iuran sampah
4.      Menelusuri pedoman investasi dan kemitraan untuk meningkatkan minat swasta.

0 komentar:

Posting Komentar