Selasa, 10 Januari 2017

PRINSIP PENYUSUNAN KUESIONER PENGUMPULAN DATA

Dalam pengumpulan data, metode pengumpulan data yang perlu untuk diikuti dan dilakukan yaitu mampu untuk mengidentifikasi data yang akan dikumpulkan dan menentukan dengan tepat teknik pengumpulan yang digunakan. Hal ini bertujuan untuk memperoleh data yang valid, akurat, terpercaya, dapat menjawab kebutuhan stakeholder, dan tepat bagi pengambilan keputusan.
Data yang dikumpulkan dapat dikategorikan terdiri dari:
  1. Cara perolehannya data terdiri atas data primer dan data sekunder
    1. Data Primer adalah data yang diperoleh langsung dari subyek penelitian dengan mengenakan alat pengukuran atau alat pengambilan data langsung pada subjek sebagai sumber informasi yang dicari.
    2. Data sekunder adalah data yang diperoleh melalui data yang telah diteliti dan dikumpulkan oleh pihak lain namun telah terverifikasi dan tervalidasi dengan baik oleh lembaga/istansi pemerintah berwenang. 
  2. Sumbernya terdiri atas data internal organisasi dan data eksternal organisasi
  3. Sifatnya terdiri atas data kuantitatif (berbentuk angka pasti) dan data kualitatif (bukan berbentuk angka)
  4. Waktu pengumpulan terdiri atas insidentil (cross section) yaitu dikumpulkan pada waktu tertentu; dan data berkala (time series)
Teknik pengumpulan data yang digunakan dapat berupa wawancara, observasi, angket / kuesioner, studi dokumen, triangulasi (gabungan berbagai teknik pengumpulan data). Instrumen yang digunakan berupa check list, kuesioner, pedoman wawancara, hingga penggunaan kamera untuk merekam foto atau video.

0 komentar:

Posting Komentar