Senin, 24 Februari 2014

SEHAT - pengertian



Dalam bahasa Inggris, kata “health” memiliki dua pengertian yaitu “sehat” dan “kesehatan” dalam bahasa Indonesia. Sehat adalah kondisi atau keadaan dari subjek, misalnya anak sehat, ibu sehat, orang sehat atau keadaan sehat dan sebagainya. Sedangkan kesehatan menjelaskan tentang sifat dari subjek, misalnya kesehatan manusia, kesehatan masyarakat, kesehatan binatang, kesehatan individu dan sebagainya.
Sehat dalam pengertian kondisi mempunyai batasan yang berbeda-beda. Secara awam sehat diartikan sebagai keadaan dimana seseorang dalam kondisi tidak sakit, tidak ada keluhan, dapat menjalankan kegiatan sehari-hari dan sebagainya. Menurut batasan ilmiah, sehat atau kesehatan telah dirumuskan dalam Undang-undang Kesehatan No. 36 tahun 2009 yang berbunyi: Keadaan sehat, baik secara fisik, mental, spritual maupun sosial yang memungkinkan setiap orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis.
Batasan yang diangkat dari batasan kesehatan menurut WHO ini memang lebih luas dan dinamis jika dibandingkan dengan dengan batasan sebelumnya yang hanya fokus pada keadaan sempurna secara fisik, mental dan sosial saja namun dalam Undang-undang Kesehatan No. 36 tahun 2009 mengankat empat aspek kesehatan, yakni fisik, mental, sosial dan ekonomi. Hal ini berarti, kesehatan tidak hanya diukur dari aspek fisik, mental dan sosial saja tetapi juga diukur dari produktivitas, dalam arti mempunyai pekerjaan atau menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomis.

0 komentar:

Posting Komentar