Senin, 24 Februari 2014

ASPEK KESEHATAN


Ada empat dimensi sehat yang saling mempengaruhi dalam mewujudkan tingkat kesehatan pada seseorang, kelompok atau masyarakat. Itulah sebabnya kesehatan bersifat holistik atau bersifat menyeluruh dan saling berkaitan. Wujud atau indikator dari masing-masing aspek dalam kesehatan tersebut antara lain sebagai berikut:
  • Kesehatan Fisik  Sehat secara fisik dapat terwujud apabila seseorang tidak merasa sakit atau tidak adanya keluhan dan memang secara klinis tidak ada penyakit sehingga semua organ tubuh bisa berfungsi secara normal.
  • Kesehatan Mental
    Sehat mental atau sehat secara jiwa mencangkup tiga komponen yakni pikiran, emosional dan spiritual. 
    • Pikiran yang sehat tercermin dari cara berpikir seseorang dimana orang itu mampu berpikir secara logis dan runtut.
    • Emosional yang sehat tercermin dari kemampuan seseorang untuk mengepresikan emosi (takut, gembira, kuatir, dan sebagainya) seadanya, tanpa melebih-lebihkan ekspresi tersebut.
    • Spiritual yang sehat tercermin dari cara seseorang dalam mengepresikan rasa syukur, pujian atau penyembahan dan sebagainya terhadap sesuatu di balik alam yakni Tuhan. Secara sederhana, sehat secara spiritual dapat dilihat dari praktek keagamaan, keyakinan atau kepercayaan sesuai dengan agama yang dianut.
  • Kesehatan Sosial
    Sehat secara sosial terwujud apabila seseorang mampu berhubungan, berinteraksi atau berkomunikasi dengan seseorang atau kelompok lain tanpa membedakan ras, suku, status, agama atau kepercayaan, ekonomi maupun politik secara.
  • Kesehatan dari Aspek Ekonomi
    Sehat secara ekonomi terlihat dari seseorang yang produktif atau mempunyai kegiatan yang bisa menghasilkan sesuatu yang dapat menyokong finansial terhadap hidupnya dan keluargannya.

0 komentar:

Posting Komentar