Selasa, 24 Oktober 2017

NILAI DAN NORMA SOSIAL

Manusia adalah makhluk sosial yang senantiasa berinteraksi dengan manusia lain dalam suatu kelompok sebagai reaksi terhadap keadaan lingkungan yang tidak bersahabat dan juga keinginan berkelompok tersebut menjadi naungan rasa aman. Interaksi tersebut akan menimbulkan produk tata pergaulan berupa nilai-nilai sosial dan norma-norma sosial yang akan dianut dan menjadi landasan interaksi antar manusia dalam kelompok tersebut. Berikut adalah pengertian nilai sosial dan norma sosial:

1.      Nilai Sosial
Nilai sosial adalah sesuatu yang dianggap baik, patut, layak dan pantas yang keberadaannya dicita-citakan dan diinginkan bersama. Cita-cita yang ingin dicapai tersebut membutuhkan kaidah (norma) untuk mengatur cara pencapaiannya.
2.      Norma Sosial
Norma sosial adalah pedoman atau petunjuk yang akan mengarahkan perilaku manusia di dalam kelompok terutama yang berkaitan dengan hal-hal yang boleh (anjuran) maupun yang tidak boleh dilakukan (larangan).


Alat yang digunakan untuk mengikat perilaku anggota kelompok sehingga pencapaian cita-cita selalu berada pada koridor norma yang disepakati yaitu lembaga sosial (lembaga adat; kepolisian, kejaksaan).

0 komentar:

Posting Komentar