Selasa, 24 Oktober 2017

PENDEKATAN SISTEM SOSIAL

Pendekatan yang bisa dilakukan untuk membahas gejala sosial dalam sistem sosial adalah sebagai berikut:

Pendekatan Funsional
a.       Hakikat manusia sebagai makhluk sosial adalah selalu hidup dalam ketergantungan dan saling mempengaruhi.
b.      Keadaan saling ketergantungan tersebut mendorong manusia untuk berhubungan dan berinteraksi dengan orang lain.
c.       Manusia tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan orang lain melalui interaksi sosial untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya.
d.      Akibat interaksi sosial tersebut maka akan menghasilkan nilai sosial dan norma sosial, adat istiadat, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pendekatan Konflik.
a.       Satu kelompok lebih berkuasa dibandingkan dengan kelompok lain adalah sebuah kenyataan yang tidak dapat dihindari.
b.      Masyarakan merupakan suatu arena terjadinya konflik-konflik baik bersifat nyata (manifest) dan konflik yang tidak nyata (laten).
c.       Kelompok yang berkuasa menggunaka sistem kepercayaan (agama), sistem pendidikan, dan media massa, untuk mempertahankan dan mengembangkan kekuasaannya.
d.      Dalam kondisi tercapainya konsensus, bentuk pencapaian tersebut bersifat semu atau samar sebab masih tersimpan konflik laten.
e.       Walaupun dalam kehidupan sosial terdapat nilai dan norma sosial namun manusia memiliki kecenderungan untuk melanggar sehingga ketaatan masyarakat terkesan bersifat terpaksa.

0 komentar:

Posting Komentar