Minggu, 21 Oktober 2012

ASAS PERENCANAAN PEMBANGUNAN


Pada dasarnya perencanaan adalah suatu persiapan atau langkah dan kegiatan yang disusun atas pikiran yang logis untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Adapun asas-asas perencanaan pembanguanan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:
1.       Asas Hubungan.
Perencanaan harus mampu menghubungkan secara jelas antara cara dan langkah-langkah terhadap tujuan yang juga dirumuskan secara jelas.
2.       Asas Sederhana.
Perencanaan harus sederhana tidak mengukur tetapi harus dapat disesuaikan dengan kemungkinanan atas realitas baik tekhnologi, SDA maupun SDM.
3.       Asas Analitis
Perencanaan harus melakukan analisisi dan klasifikasi tentang cara dan alat-alat serta target yang tepat untuk mencapai tujuan.
4.       Asas Fleksibel.
Perencanaan yang disusun atas anlitis dan klasifikasi juga mempersiapkan pilihan-pilihan alternatif yang disusun dalam urusan klasifikasi yang diproritaskan sehingga setiap ada kelalaian di lapangan maka perencanaan harus disesuaikan dengan memilih alternatif yang selalu dipertimbangkan secara analisis.
5.       Asas Keseimbangan.
Perencanaan harus terdapat keseimbangan antara bagian-bagian pokok dari tujuan, keseimbangan antara tujuan dan cara perencanaan keseimbangan antara kemampuan dan pikiran
6.       Asas Pemenfaatan.
Perencanaan sebagai analisis dan klasifikasi cara dan sasaran untuk dalam rangka mencapai daya guna dan hasil guna yang maksimal harus terlebih dahulu mengupayakan pemanfaatan sumber daya yang ada sebelum menggunkaan sumber daya yang baru.

0 komentar:

Posting Komentar