Minggu, 21 Oktober 2012

ASPEK YANG MEMPENGARUHI PERENCANAAN PEMBANGUNAN



Adapun aspek yang harus diperhatikan dalam sebuah perencanaan pembangunan umum harus mencakup semua aspek kehidupan. Hal ini diperlukan guna mencapai cita-cita bangsa Indonesia yang makmur baik jangka panjang maupun jangka pendek. Aspek-aspek tersebut antara lain:
  1. Aspek lingkungan
  2. Aspek potensi dan masalah
  3. Aspek institusi perencanaan
  4. Aspek ruang dan waktu
  5. Aspek legalisasi kebijakan
Faktor-faktor yang sering mempengaruhi sebuah proses pembangunan juga membutuhkan perhatian. Oleh sebab itu, dalam merencanakan sebuah pembangunan harus juga mempertimbangkan hal-hal yang mungkin bisa mempengaruhi pembangunan yang direncanakan tersebut. Hal yang mempengaruhi ini bisa saja bersifat negatif maupun positif.
Karena mungkin saja ada beberapa faktor yang bersifat negatif maka perencanaan harus benar-benar memperhatikan faktor tersebut agar bisa memprediksikan sektor mana yang membutuhkan follow up yang maksimal. Faktor-faktor yang bisa mempengaruhi pembangunan tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
  1. Kesetabilan politik dan keamanan dalam negeri
  2. Dilakukan oleh orang-orang yang ahli dalam bidangnya
  3. Realistis dan sesuai dengan kemampuan sumber daya dan dana
  4. Koordinasi yang baik
  5. Sistem pemantauan pengawasan yang terus menerus
  6. Transparansi dan dapat diterima oleh masyrakat
Adapun faktor yang bersifat negatif adalah faktor kebalikan dari beberapa faktor pengaruh di atas. Oleh karena itu, faktor yang harus benar-benar diperhatikan agar tingkat keberhasilan suatu program perencanaan pembangunan umum bisa tercapai dengan baik adalah:
  1. Faktor lingkungan yang meliputi sosial, budaya, ekonomi dan politik
  2. Faktor SDM perencana
  3. Faktor sistem yang digunakan
  4. Faktor perkembangan IPTEK
  5. Faktor pendanaan

0 komentar:

Posting Komentar