Minggu, 21 Oktober 2012

TAHAP PERENCANAAN PEMBANGUNAN



Rencana harus diiplementasikan setiap saat selama proses iplementasi dan pengawasan rencana-rencana mungkin memerlukan modifikasi agar tetap berguna. Salah satu aspek penting perencanaan pembangunan adalah pembuatan keputusan, proses pengembangan dan penyeleksian sekumpulan kegiatan untuk memecahkan masalah tertentu. Keputusan harus dibuat pada berbagai tahapan antara lain sebagai berikut:
1.      Menetapkan tujuan atau serangkaian tujuan
Perencanaan dimulai dengan keputusan-keputusan tentang keinginan atau kebutuhan organisasi atau kelompok kerja. Tanpa tujuan yang jelas organisasi akan menggunakan sumber daya secara tidak efektif.
2.      Merumuskan keadaan saat ini
Pemahaman akan posisi perusahaan sekarang dari tujuan yang hendak dicapai atau sumber daya yang tersedia untuk mencapai tujuan adalah sangat penting karena tujuan dan perencanaan menyangkut waktu yang akan dating
3.      Mengidentisifikasi kemudahan dan hambatan
Segala kekuatan dan kelemahan serta kemudahan dan hambatan perlu diidentisifikasi untuk mengukur kemampuannya dalam mencapai tujuan.
4.      Mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk mencapai tujuan
Tahapan terakhir dalam proses perencanaan meliputi pengembangan berbagai altrernatif kegiatan untuk mencapai tujuan alternatif tersebut dan pemilihan alternatif terbaik dari alternatif yang ada.

1 komentar: