Selasa, 14 Agustus 2012

MANFAAT WIRAUSAHA

       Keberhasilan wirausaha adalah dengan bekerja keras, teliti dan membutuhkan jangka waktu yang panjang akan menghasilkan beberapa manfaat secara individu atau mikro maupun secara global atau makro. Manfaat tersebut antara lain:

Memperoleh Kontrol atas Kemampuan Diri 
Proses mendirikan usaha sampai berhasil memerlukan kerja yang cukup lama dengan risiko yang cukup besar. Dalam jangka panjang akan terbentuk kemampuan untuk melakukan kontrol apa yang akan dilakukan, yang telah dilakukan serta kemampuan dalam diri wirausahawan tersebut.

Memanfaatkan Potensi dan Melakukan Perubahan
Banyak wirausaha melakukan pekerjaan atau melakukan bisnis karena melihat kesempatan yang ada sekarang maupun prospek di masa depan. Kesempatan yang yang cukup tinggi dan perubahan kehidupan yang sangat cepat mendorong banyak wirausaha mencoba melakukan bisnis untuk sekedar mengukur kemampuan diri sendiri, tuntutan kehidupan dan kesempatan melakukan perubahan.

Memperoleh Manfaat Finansial Tanpa Batas
Walaupun keuntungan finansial kadang kala bukan motivasi utama melakukan kegiatan usaha, namun keuntungan finansial menjadi faktor penting guna kelangsungan hidup usaha dan pertumbuhan perusahaan. Adakalanya pada suatu waktu keuntungan wirausaha sangat tinggi di atas rata-rata keuntungan jenis usaha yang sama atau sering disebut pendapatan rata-rata industri. Dengan risiko usaha yang harus ditanggung sendiri maka wirausaha dalam melakukan kegiatan usahanya harus dengan perencanaan dan implementasi yang cukup hati-hati.

Berkontribusi Kepada Masyarakat dan Mendapatkan Pengakuan atas Usaha
Wirausaha merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan komunitas masyarakat. Wirausaha pada umumnya memiliki keinginan untuk dihormati, dianggap sebagai bagian dari kehidupan masyarakat setempat. Pada masa sekarang dan mendatang kewajiban wirausaha tidak bisa di lepaskan dari perilaku etis serta tanggung jawab sosial kemasyarakatan sebagai bagian dari kehidupan bisnisnya.

0 komentar:

Posting Komentar