Selasa, 14 Agustus 2012

KLASIFIKASI WIRAUSAHA menurut PELAKU USAHA



Jika memperhatikan kewirausahaan yang ada di masyarakat saat sekarang maka kita akan menemukan ada bermacam-macam profil wirausaha. Profil-profil tersebut antara lain:



Home Based Entrepreneurs
Banyak keluarga yang memulai usahanya dari rumah tangga, misalnya ibu-ibu yang pandai membuat kue lalu mengirim kue-kue tersebut ke toko-toko di sekitar rumahnya. Akhirnya usahanya tersebut makin lama makin maju sehingga mungkin saja ibu tersebut bisa mendirikan restoran.

Family Owned Business
Sebuah keluarga bisa membuka berbagai jenis atau cabang usaha. Usaha yang telah dirintis oleh keluarga ini kemudian diwariskan untuk dikelolah oleh anak-anak mereka dan anak-anak mereka tersebut mewariskannya lagi kepada anak-anak mereka atau kepada keluarga mereka. Initinya bahwa perusahaan tersebut terkesan dinasti.

Part Time Entrepreneurs
Memulai bisnis dalam mengisi waktu luang merupakan pintu gerbang untuk menjadi pengusaha besar. Misalnya seorang PNS mencoba mengembangkan hobinya untuk berdagang. Hobi ini bisa saja mendatangkan keuntungan yang banyak sehingga PNS tersebut mungkin saja beralih profesi dari PNS menjadi pedagang.

Woman Entrrepreneurs
Banyak wanita yang terjun ke dunia usaha. Alasan mereka menekuni bidang ini sering kali didorong oleh faktor ekonomi rumah tangga, keahlian maupun frustasi pada pekerjaan sebelumnya.
 

3 komentar:

  1. untuk lebih baiknya, disertai juga berdasarkan pendapat ahlinya. terima kasih. Good!

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus