Minggu, 19 November 2017

KLASIFIKASI INDIKATOR

Terdapat banyak cara untuk mengklasifikasikan suatu indikator sesuai dengan cara kerja indikator tersebut. Misalnya indikator sehat. Umumnya digunakan klasifikasi dengan berpegang pada pendekatan sistem. Untuk menyederhanakan penetapan indikator menuju Indonesia Sehat, Propinsi Sehat, Kabupaten/Kota Sehat, Kecamatan Sehat dan Perusahaan Sehat maka dibuat tiga kategori indikator yakni:
  1. Indikator Derajat Kesehatan sebagai Hasil Akhir
    • Indikator Hasil Akhir yang paling akhir adalah indikator-indikator mortalitas yang dipengarhi oleh indikator-indikator morbiditas atau kesakitan dan indikator status gizi.
  2. Indikator Hasil Antara
    • Indikator ini terdiri atas indikator-indikator ketiga pilar yang mempengaruhi hasil akhir yaitu indikator-indikator keadaan lingkungan, indikator-indikator perilaku hidup masyarakat serta indikator-indikator akses dan mutu pelayanan kesehatan.
  3. Indikator Proses dan Masukan
    • Indikator ini terdiri atas indikator-indikator pelayanan kesehatan, indikator-indikator sumber daya kesehatan, indikator-indikator manajemen kesehatan dan indikator-indikator kontribusi sektor-sektor terkait.

0 komentar:

Posting Komentar